Monday, November 14, 2011

Pajak



Pajak adalah iuran rakyat kepada kas negara berdasarkan undang-undang —sehingga dapat dipaksakan— dengan tiada mendapat balas jasa secara langsung. Pajak dipungut penguasa berdasarkan norma-norma hukum untuk menutup biaya produksi barang-barang dan jasa kolektif untuk mencapai kesejahteraan umum.
Kalimat-kalimat diatas merupakan pengertian pajak. Namun apakah kalian tau apa fungsi pajak?
Berikut ini adalah fungsi-fungsi pajak, antara lain :
Pajak mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan bernegara, khususnya di dalam pelaksanaan pembangunan karena pajak merupakan sumber pendapatan negara untuk membiayai semua pengeluaran termasuk pengeluaran pembangunan. Berdasarkan hal diatas maka pajak mempunyai beberapa fungsi, yaitu:
  • Fungsi anggaran (budgetair)
Pajak merupakan suatu alat (sumber) untuk memasukan uang ke kas negara sebanyak-banyaknya yang nantinya akan dipergunakan untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran rutin negara.
  • Fungsi mengatur (regulerend)
Pajak adalah suatu alat untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang sifatnya mengatur dalam bidang sosial, politik, ekonomi, budaya dan lain sebagainya yang sesuai dengan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah
  • Fungsi stabilitas
Dengan adanya pajak, pemerintah memiliki dana untuk menjalankan kebijakan yang berhubungan dengan stabilitas harga sehingga inflasi dapat dikendalikan, Hal ini bisa dilakukan antara lain dengan jalan mengatur peredaran uang di masyarakat, pemungutan pajak, penggunaan pajak yang efektif dan efisien.
  • Fungsi redistribusi pendapatan
Pajak yang sudah dipungut oleh negara akan digunakan untuk membiayai semua kepentingan umum, termasuk juga untuk membiayai pembangunan sehingga dapat membuka kesempatan kerja, yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.


Pajak merupakan sumber utama keuangan negara. Pajak sangat penting bagi negara kita, karena dengan adanya pajak negara kita dapat melakukan berbagai pembangunan. Seperti di daerah-daerah Kabupaten/ Kota, apabila pajak dibayarkan dengan lancar maka pembangunan pun kian lancar.


Namun hal seperti itu tidak mudah untuk diwujudkan. Banyak orang-orang yang tidak mau membayar pajak karena menganggap pajak itu tidak penting. Orang-orang tidak mau membayar pajak karena banyak diantara mereka yang belum mengetahui akan dipergunakan untuk apa dana pajak tersebut. Dalam hal ini seharusnya pemerintah lebih mensosialisasikan pajak kepada masyarakat agar lebih memahami tentang pajak dan taat membayar pajak.

Karena pajak sangat berperan dalam pembangunan bangsa kita, apakah anda mau taat membayar pajak  ?














Daftar Pustaka :

http://id.wikipedia.org/wiki/Pajak#Fungsi_pajak
http://dudiwahyudi.com/pajak/pajak-penghasilan/pajak-pengertian-dan-fungsinya.html







No comments:

Post a Comment