Sunday, April 1, 2012

Manusia dan Tanggung Jawab


MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB



Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuar sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Seseorang mau bertanggung jawab karena ada kesadaran atau keinsafan atau pengertian atas segala perbuatan dan akibatnya dan atas kepentingan pihak lain. Timbulnya tanggung jawab karena manusia itu hidup bermasyarakat dan hidup dalam lingkungan alam.
Tanggung jawab itu bersifat kodrati, artinya sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia, bahwa setiap manusia pasti dibebani dengan tanggung jawab. Apabila dikaji, tanggung jawab itu adalah kewajiban atau beban yang harus dipikul atau dipenuhi sebagai akibat dari perbuatan pihak yang berbuat, atau sebagai akibat dari perbuatan pihak lain, atau sebagai pengabdian, pengorbanan pada pihak lain. Kewajiban atau beban itu ditujukan untuk kebaikan pihak yang berbuat sendiri, atau pihak lain. Dengan keseimbangan, keserasian, keselarasan antara sesama manusia, antara manusia dan lingkungan, antara manusia dan Tuhan selalu dipelihara dengan baik.
Tanggung jawab adalah ciri manusia beradab ( berbudaya). Manusia merasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat baik dan buruk perbuatannya itu, dan menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan pengorbanannya.
Manusia berjuang memenuhi keperluannya sendiri atau keperluan pihak lain. Untuk itu ia menghadapai manusia lain dalam masyarakat atau menghadapi lingkungan alam. Dalam usahanya itu manusia juga menyadari bahwa ada kekuatan lain yang iktu menentuan yaitu kekuasaan Tuhan. Dengan demikian tanggung jawab itu dapat dibedakan menurut keadaan manusia atau hubungan yang dibuatnya, yaitu :
1. Tanggung jawab terhadap diri sendiri
Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi. Dengan demikian bisa memecahkan masalah – masalah kemanusiaan mengenai dirinya sendiri.
2. Tanggung jawab terhadap keluarga
Keluarga merupakan masyarakat kecil. Keluarga terdiri dari suami – istri, ayah – ibu, dan anak – anak, dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarga. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab terhadap keluargannya . Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga. Tetapi tanggung jawab juga merupakan kesejahteraan , keselamatan, pendidikan dan kehidupan. Contohnya ayah memiliki tanggung jawab untuk mencari nafkah untuk keluarganya. Ibu memiliki tanggung jawab untuk mengurus rumah dan membesarkan anak –anak. Sedangkan anak – anak memiliki tanggung jawab untuk belajar.
3. Tanggung jawab terhadap masyarakat
Manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan manusia lain, sesuai kedudukannya sebagai makhluk sosial. Karena membutuhkan orang lain maka ia harus berkomunikasi dengan manusia lain. Sehingga dengan demikian manusia di sini merupakan anggota masyarakat yang tentunya mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat yang lain agar dapat melangsungkan hidupnya dalam masyarakat tersebut.
4. Tanggung jawab terhadap Bangsa / Negara
Manusia, tiap individu adalah warga negara suatu negara. Dalam berpikir, berbuat bertindak, bertingkah laku, manusia terikat oleh norma – norma atau ukuran –ukuran yang dibuat oleh negara. Manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri. Bila perbuatan manusia itu salah, maka ia harus bertanggung jawab kepada negara.
5. Tanggung jawab terhadap Tuhan
Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi kehidupannya manusia mempunyai tanggung jawab langsung terhadap Tuhan. Sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukuman –hukuman Tuhan yang dituangkan dalam berbagai kitab suci melalui berbagai macam agama. Pelanggaran dari norma – norma tersebut akan menambahkan dosa pada diri kita. Dengan mengabaikan perintah – perintah Tuhan berarti mereka meninggalkan tanggung jawab yang seharusnya dilakukan manusia terhadap Tuhan sebagai pencipta. Oleh karena itu kita harus senantiasa melakukan perintah Nya dan menjauhi segala larangan Nya.

Sebagai mahasiswa, kita harus memiliki rasa tanggung jawab. Apabila mahasiswa memiliki rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara serta tanggung jawab terhadap Tuhan, pasti akan tercipta mahasiswa yang berkualitas, karena mahasiswa akan memiliki pola pemikiran bahwa dia harus belajar untuk kepentingannya di masa depan. Mahasiswa yang bertanggung jawab, akan memikirkan bahwa dia memiliki tanggung jawab atas dirinya sendiri yaitu belajar, kepada keluarga yaitu orangtua yang sudah membiayai kuliahnya dan dia harus lulus menjadi sarjana dan mencari kerja, Tanggung jawab kepada masyarakat yaitu kita harus saling menghargai dengan yang lain, karena kita makhluk sosial tidak dapat hidup sendiri, ktanggung jawab kepada bangsa dan negara yaitu, kita sebagai mahasiswa harus memiliki rasa tanggung jawab untuk memajukan bangsa ini, dan tanggung jawab terhadap Tuhan, kita sebagai manusia tidak boleh melupakan peranan Tuhan dalam hidup kita, kita harus beribadah dan bertawakal karena Tuhan adalah yang menentukan hidup kita.


Sumber :
Ilmu Budaya Dasar, Widyo Nugroho, Achmad Muchji, Juni 1996 , Gunadarma , Jakarta 1994

No comments:

Post a Comment