Monday, April 1, 2013

Rangkuman Seminar

RANGKUMAN SEMINAR PUSAT STUDI INTERAKSI MANUSIA DAN TEKNOLOGI

“Perspektif terhadap Intraksi Manusia dan Teknologi dalam Menghadapi Era Globalisasi”

Selasa, 26 Maret 2013

Universitas Gunadarma

 

Seminar Ilmiah dengan Narasumber I : Prof. Dr. Ir. Anang Zaini Gani

Topik Bahasan : “ Interaksi Manusia dan Teknologi dalam Era Globalisasi”

Manusia memiliki sifat dasar pintar namun malas. Sedangkan Teknologi itu memiliki sifat bodoh tetapi rajin. Sehingga apabila manusia dan teknologi digabungkan maka akan menciptakan suatu mahakarya yang memiliki sifat pintar dan rajin.


  • Interaksi Manusia VS Teknologi
Sejarah perkembangan interaksi manusia dengan teknologi :
     1. Masyarakat pertanian (800 SM -1700) penemuan alat pertanian berupa pacul.
     2. Masyarakat Industri (1700 – 1970) penemuan alat bantu otot.
     3. Masyarakat informasi (1970 – 2000) penemuan alat bantu otak.
Indonesia merupakan negara yang kaya raya akan sumber daya alamnya. Namun negara kita ini belum dapat memanajemen atau memanfaatkan dengan baik. Oleh karena itu negara kita disebut dengan Unmanageable Country. 

Daya saing negara :
Ada 2 faktor yang menentukan daya saing negara, yaitu manusia dan teknologi. Daya saing negara Indonesia semakin turun setiap tahunnya, hanya perusahaan yang inovatif lah yang dapat bertahan dan terus maju sehingga dapat memajukan Indonesia.
Berikut adalah peringkat daya saing Negara Indonesia dari 47 negara :

Tahun
Peringkat
1997
39
1998
40
1999
46
2008
51
 
Dari tabel diatas dapat kita lihat bahwa peringkat negara Indonesia semakin lama semakin turun.

  • 6 Senjata Gelap "Globalisasi" :
1. Demokrasi
2. HAM
3. HAKI
4. Lingkungan
5. Standarisasi (ISO)
6. Risk Country
  • Pada Tahun 80an Teknologi dibagi 4, yaitu :
1. Tecnoware
2. Humanware
3. Infoware
4. Organware
  •   Kunci keberhasilan dalam globalisasi
1.   Vision
2.   Patience
3.   Fows
4.   Creativity
5.   Sensitive

 

Seminar Ilmiah dengan narasumber II : Dr.Adang Suhendra

Topik Bahasan :  “ Virtual Reality Technology”

  • Virtual Reality (VR) 
merupakan sebuah teknologi untuk memberikan simulasi dan interaksi. VR akan membantu memberikan pemahaman tentang suatu hal dengan cara simulasi dan interaksi.  
  • Sejarah VR :  
- 1950 untuk simulasi penerbangan oleh US Air Force
- 1965 untuk program komputer grafik yang disebut The Ultimate Display.
- 1988 untuk pemerintah
- 1991 Pertama kali di komersilkan atau dijual.
  • Jenis-jenis VR
1. Windows On World
    VR jenis ini sudah diterapkan di laptop, smart tv, dll.
2. Immersive VR
    Visualnya lebih nyata dengan teknologi 3D world.
3. Mixed Reality (Augmented Reality)
    Dengan menggabungkan keadaan yang sesungguhnya.
4. Distributed VR
5. Tele Presence
  • Masalah-masalah pada VR
-   Cyber sickness/ Simulator Sickness
-   Low-fidelity
-   Expensive
- Lack of Integration between application packages
 
  • Teknologi pada VR
Hardware :
1. Head – Mounted Display (HMD)
2. Binocular Omni – Orientation Monitor (BOOM)
3. Cave Automatic Virtual Environment (CAVE)
4. Data Glove dan Motion Capture
5. Control Device
Software :
1. Toolkit
2. Authoring System
3. Virtual Reality Modelling Language (VRML)
  • Penerapan Aplikasi
1. Entertainment ( More vivid, exciting, attractive)
2. Medicine ( Teach new skill in a safe controlled environment)\
3. Manufacturing ( Easy to use, low price)
4. Education and Training ( Simulators)
5. Ergonomic
 






 

No comments:

Post a Comment